Profil

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Salam Transparansi

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.

Keberadaan Undang-undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Lingkup Badan Publik dalam Undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi non-pemerintah, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

Sesuai dengan amanat pasal 13 Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, Pemerintah Kota Banjarmasin telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Walikota Nomor 127 Tahun 2019 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama Kota Banjarmasin. Dengan terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 dan Surat Edaran Nomor 870/765-Sekr/Diskominfotik/XII/2018 tentang Mekanisme Pemberian Informasi Kepada Pemohon Informasi Publik.

PPID Kota Banjarmasin beralamat :
Jalan R. E. Martadinata No. 1 Gedung Blok B Lt. I - Banjarmasin 70111
Email: diskominfotik.bjm@gmail.com - Website: diskominfotik.banjarmasinkota.go.id

Motto Pelayanan
Melaksanakan Pelayanan Komunikasi, Informatika dan Statistik yang Informatif, Akurat, Optimal dan Dinamis.

COMMENTS

Nama

Baiman,2,Banjarmasin,11,Berkala,1,Dikecualikan,1,Informasi,13,Kerajinan,1,OPD,2,Pariwisata,3,Peraturan,4,PPID,5,Publik,5,Sejarah,1,Serta Merta,1,Setiap Saat,1,
ltr
static_page
PPID Kota Banjarmasin: Profil
Profil
PPID Kota Banjarmasin
https://ppid.banjarmasinkota.go.id/p/profil.html
https://ppid.banjarmasinkota.go.id/
https://ppid.banjarmasinkota.go.id/
https://ppid.banjarmasinkota.go.id/p/profil.html
true
2459223910292070319
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy